FORMULIR ANALISA JABATAN



FORMULIR ANALISISJABATAN
(Job Analysis Questioner)
Satker UIN Sunan Ampel Surabaya
No. Kode Jabatan: B1220 & B1230                                                                           Tanggal Pengisian: 23 April 2015
Warna  kuning   berkaitan dengan faktor Komtek
 
A.      IDENTITAS JABATAN  
1.       Nama Jabatan   :   Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan
2.      
Warna  coklat berkaitan dengan faktor wewenang
Unit Kerja         :   Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam



B.      TUGAS UTAMA, WEWENANG, DAN HASIL KERJA YANG DIHARAPKAN DARI KEGIATAN KERJA TERSEBUT
No.
Kegiatan
Wewenang
Hak mengambil keputusan/
tindakan sendiri
Out put
1.        
Menyusun rencana kegiatan dan program kerja administrasi umum & keuangan
Melaksanakan sesuai disposisi pimpinan
RKAKL, Rencana Penarikan Dana (RPD), forecasting
2.        
Mendistribusikan pekerjaan pada JFU sesuai tusi masing-masing
Membagi tugas kepada JFU
Tugas terbagi sesuai dengan tusi masing-masing
3.        
Membimbing dan memeriksa tugas dan pekerjaan JFU
Memberi petunjuk kepada JFU
Kegiatan berjalan sesuai rencana / tepat waktu
4.        
Mengevaluasi tugas dan pekerjaan administrasi umum & keuangan
memberikan arahan dalam hal menyelesaikan persoalan di bagian administrasi umum & keuangan
Laporan hasil kegiatan sesuai dengan uraian tugas
5.        
Mengkoordinir pelaksanaan pekerjaan administrasi umum & keuangan
Mengkoordinasikan rencana kegiatan dengan bagian-bagian terkait (jurusan, akademik, umum dan kepegawaian)
RKAKL yang sah
6.        
Melaksanakan tata persuratan & keuangan
Melaksanakan administrasi kepegawaian & Membagi tugas pekerjaan yang berkaitan dengan Keuangan dan perbendaharaan (PDG & BPP)
Terlaksananya tugas kedinasan sesuai perintah
7.        
Melaksanakan pelayanan kehumasan dan Protokoler & keuangan
Melakukan pelayanan tamu pimpinan, antar jemput pimpinan & kehumasan
Terselenggaranya kepuasan dalam pelayanan
8.        
Melaksanakan administrasi dan pengelolaan Barang milik Negara & keuangan
Mengkonsultasikan rencana pengadaan ATK ke pimpinan/Wadek II
laporan setiap tri wulan keadaan opname barang
9.        
Melaksanakn administrasi kerumahtanggaan & keuangan
Melakukan pengawasan keamanan gedung dan lingkungan fakultas
Terciptanya lingkungan kampus yang nyaman, bersih
10.    
Melaksanakan Layanan Sistem Informasi Fakultas & keuangan
Memasukkan dan mengup date data ke website fakultas
Tidak banyak melakukan kesalahan
11.    
Memonitoring dan mengevaluasi program serta anggaran
Mengonsep  laporan evaluasi program serta pengajuan anggaran

Ketepatan waktu pelaksanaan dan Penyelesaian
12.    
Membuat laporan administrasi umum & keuangan (realisasi anggaran)
Melaksanakn penyusunan laporan hasil pelaksanaan

Terbentuknya laporan ATK & realisasi anggaran setiap triwulan
13.    
Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan
Menerima perintah dari pimpinan
Tercapainya tugas kedinasan sesuai disposisi pimpinan

C.      POSISI JABATAN DALAM STRUKTUR ORGANISASI
Nama Jabatan
Sifat Hubungan*)
Unit kerja
Jumlah Orang
Atasan
KTU

Lini & Matrik Operasional
Fakultas & Rektorat
9
Bawahan
JFU

Lini
Fakultas
4
Warna  hijau   berkaitan dengan faktor manajerial


*) catatan
-         Lini                                 :     hubungan struktural langsung yang tersermin jelas dalam struktur organisasi . Atasan lini mempimpin unit kerja, karena bertanggungjawab terhadap pembinaan dan pengembangan bawahan.
-         Matrik operasional :     hubungan tim kerja operasional, biasanya dengan anggota tim atau bawahan yang bersifat tetap. Atasan memimpin proses kerja
-         Matriks proyek         :     Hubungan tim kerja bersifat  proyek, dapat dilaksanakan dengan angota tim atau bawahan yang berganti-ganti. Atasan memimpin proses kerja
Warna  kuning   berkaitan dengan faktor Komtek
 
D.      PENGETAHUAN, PENGALAMAN, & PELATIHAN
1.       Pendidikan minimal menduduki jabatan ini                  : Mininal Sarjana ( S-1 )
2.       Pelatihan/sertifikasi/pengalaman yang diperlukan   :
Pelatihan
Sertifikasi/lisensi
Pengalaman
1.       Pelatihan kehumasan dan keprotokoleran
Sertifikasi
5 hari
2.       Pelatihan tata persuratan / kerarsipan
Sertifikasi
1 minggu
3.       Pelatihan Sistem Penilaian Angka kredit & Sasaran Kinerja pegawai
Sertifikasi
1 minggu
4.       Pelatihan  Barang dan Jasa
Lisensi
1 bulan
5.       Pelatihan Sistem Informasi Kepegawaian
Sertifikasi
1 minggu
6.       Kursus Bahasa asing
Sertifikasi
6 bulan
7.       Diklat manajemen SDM
Sertifikasi
1 minggu
8.       Diklat Perencanaan dan Program Kerja
lisensi
3 minggu
9.       Diklat Akutansi dan Keuangan
Lisensi
1 bulan
10.   Diklat  Perpajakan
Sertifikasi
1 minggu
11.   Diklat Perbendaharaan
Lisensi
1 bulan


E.       Komunikasi dan relasi
Jabatan
Perihal informasi, tujuan dan startegi *)
Internal
Kasubbag. Akademik


KaProdi/Kajur

Kabag. TU
Dekan/Wadek
Kabag Umum
Kabag. Kepegawaian

Kabag. Kerjasama
LPM
Kepala BIRO AUPK
Kabag Perencanaan
Kabag Keuangan
Penyediaan ATK,Ruang kuliah, Sarana prasarana perkuliahan, Menghitung jumlah mhs, wisuda dsb
Penyediaan anggaran
Koordinasi jadwal kuliah, Skripsi, Proposal , PPL dll
Menindaklanjuti disposisi pimpinan
Koordinasi kebijakan pimpinan
Koordinasi pengadaan dan pemeliharaan BMN
Proses kenaikan pangkat, pensiun, SPMT/SPMJ, Tugas Belajar, dll
Penyediaan informasi
Koordinasi tentang BKD
Koordinasi tentang bagian AUPK
Koordinasi Perencanaan
Koordinasi pagu anggaran
Eksternal
Kepala Sekolah
Pimpinan
Pimpinan
Pimpinan

Guru pamong PPL
Penelitian skripsi mahasiswa
Praktikum Bahasa Inggris dan Arab
Koordinasi PPL Ekonomi Syariah

Warna  biru berkaitan dengan faktor komunikasi


*) catatan
-         Perihal informasi      :     Data, laporan, perjanjian, rekomendasi hasil analisis dan semacamnya.
-         Tujuan                          :     Memberi/menerima penjelasan, memotivasi, menyakinkan, negosiasi, konseling dan semacamnya.
-         Media strategis         :     verbal, presentasi, menulis/membaca memo, membaca/menulis laporan dan semacamnya.
F.       Kondisi kerja
1.        
Waktu kerja
¨  Waktu kerja reguler 
¨  Shift
¨  Non Shift
¨  On call
2.        
Kondisi lingkungan Kerja
¨  Di dalam ruangan 
¨  Di luar ruangan
¨  Lingkungan berbahaya pengaruh bahan kimia/radiasi/infeksi dan semacamnya
3.        
Tautan fisik
¨  Normal sebagaimana pekerjaan perkantoran baik administrasi/teknis 
¨  Pengamatan pada suhu obyek konsentrasi mata terus menerus
¨  Koordinasi antar pemikiran mendalam konsentrasi panca indra dan gerakan tangan dan koordinasi dengan tindakan pihak lain pada momen yang bersamaan
¨  Koordinas antara pemikiran mendalam konsentrasi panca indra dan gerakan tangan
¨  Frekuensi berjalan antar ruang tinggi
¨  Mengangkat beban dengan sangat hati-hati karena berresiko
Lainnya jelaskan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
4.        
Sifat pekerjaan
¨  Koordinas antara kegiatan
¨  Bekerja sendiri sampai dengan hasil
¨  Intensif bekerje secara tim
Lainnya  jelaskan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
Warna  merah muda  berkaitan dengan faktor Kondisi kerja


G.     TUNTUTAN ANALITIS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Adalah tuntutan olah pikir yang melibatkan konsentrasi mental dalam merubah masukan menjadi keluaran atau output yang terkait dengan tingkat kompleksitas tugas pedoman pengambilan keputusan

¨  Baku, sangat rutin dapat dilaksanakan langsung, pedoman bersifat teknis, mudah dimengerti
¨  Rutin, pola pengambilan keputusan yang telah dapat diterima lingkungan, logika sedarhana
¨  Semi rutin
¨  Khusus dan operasional menterjemahkan garis besar intrusksi mengikuti SOP
¨  Interpretasi kondisi teknis terkait prinsip-prinsip pengetahuan teknis
¨  Berdasarkan kebijakan bidang fungsional terkait  dengan kondisi lapangan menetukan cara dan tahapan kerja
¨  Berdasarkan pedoman dan kebijakan bisnis serta justifikasi terhadap kondisi opersional
¨  Justifiksi antara kebijakan dan kepentingan internal organisasi dengan hukum dan ilmu pengetahuan dan aspek bisnis jangka panjang
¨  Semuanya benar

Warna  orange berkaitan dengan faktor Pedoman keputusan
 




H.      RESIKO

¨  Terdapat kerugian material yang cukup berarti sebutkan (gedung, komputer, AC, LCD dll)
¨  dengan kerusakan serius pada alat kerja yang cukup berarti
¨  menimbulkan kecelakaan kerja
¨  menimbulkan masalah hukum yang harus ditanggung secara pribadi
¨  menimbulkan masalah hukum yang harus ditanggung secara organisasi
¨  menimbulkan masalah yang berdampak pada strategi bisnis dan kehidupan berjangka panjang organisasi
¨  lainnya sebutkan
…………………………………………………………………………………………………………………………………….

Warna  hijau berkaitan dengan faktor lingkungan kerja
 


I.        DAMPAK (IMPACT) BAGI ORGANISASI

¨  Tidak langsung (indeterminate)
¨  Output dari jabatan  berdampak pada sebagian dari total obyektif sesuatu unit  yang relative kecil dari organisasi
¨  Output dari jabatan  berdampak pada sebagian dari total obyektif sesuatu bagian dari organisasi
¨  Output dari jabatan  berdampak pada sebagian dari target yang terkait pencapaian   obyektif sesuatu bagian dari organisasi
¨  Output dari jabatan  berdampak pada sebagian dari target yang terkait pencapaian   beberapa obyektif sesuatu bagian atau keseluruhan organisasi dari organisasi
¨  Semuanya benar

Warna  ungu berkaitan dengan faktor probabilitas resiko
 



J.        TANGGUNGJAWAB TERHADAP KEUANGAN DAN ASET FISIK
1.        
Berapa jumlah anggaran operasional pertahun yang harus dipertanggungjawabkan oleh jabatan ini. 1,5 milyaran
2.        
Berapa nilai alat/sarana/aset fisik yang berada dalam batas pengelolaan langsung jabatan ini:
a.       pemeliharaan gedung 1 milyaran
b.      Pemeliharaan peralatan dan mesin 500 juta
c.       Pemeliharaan furniture 250 juta

Warna  abu-abu berkaitan dengan faktor wewenang dan tanggungjawab harta
 




Jika  ada informasi lain yang perlu disampaikan tentang isi /informasi yang dapat dituliskan  disini:
1.       Anggaran pemeliharaan masih kurang
2.       Pembagian tugas masih tumpang tindih
·         SK dan Surat Tugas, SPD kegiatan kepanitiaan seharusnya dibuat oleh oleh siapa? Bag. Umum ataukah panitia
·         Parkir kendaraan di fakultas yang semrawut karena lahan yang tersedia tidak seimbang dengan jumlah kendaraan, merupakan tanggung jawab fakultas ataukah rektorat?
·         Laporan Kinerja Dosen (LKD) yang berupa BKD seharusnya ditangani oleh kepegawaian ataukah Bag. Akademik fakultas? Sebagain fakultas LKD ditangani oleh bidang kepegawaian dan sebagian lagi ditangani oleh bagian akademik.
3.       Tenaga Verifikatur sangat kurang sehingga SPJ antri panjang ............
4.       Struktur kelas hasil renovasi bangunan, rata-rata jendela berlubang(ada slempitan antara kaca dan tembok) sehingga dijadikan tempat sampah bagi mahasiswa, padahal  sudah disediakan tempat sampah dan sudah diberi tulisan buanglah sampah pada tempatnya di tiap ruangan. Bagaimana cara mengatasi keadaan yang begini?

K.      Pengesahan
Disetujui Oleh :
Atasan langsung
Pemegang jabatan




Noor Tatik Handayani, S.Ag, M.Pd.I






Kutsiyatin, S.Ag; M.Si

Validasi Oleh :
Tim Analisis Jabatan



Nama Jelas
………………………………………..





Tanggal  ………………………………………..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar